Cari Blog

Alasan-Alasan Hingga Kamu Ingin Kuliah di Teknik Sipil

Banyak lulusan SMA (Sekolah Menengah Atas) ataupun SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang kebingungan untuk memilih kuliah. Dan banyak mahasiswa yang bingung dengan prodi yang ingin mereka pilih, tapi disini cheaterandre punya saran yang bisa kalian ambil maupun tidak yaitu prodi Teknik Sipil. 

Ada beberapa alasan hingga kamu ingin kuliah di jurusan ini yaitu :
1. Lapangan pekerjaan yang luas
Tidak perlu khawatir tentang masalah pekerjaan apabila anda kuliah di teknik sipil karena dalam prodi teknik sipil sangat banyak lapangan pekerjaan yang nantinya apaila nanti kalian sudah lulus. Di Indonesia sendiri pada tahun 2017 pembangunan sangat melesat tinggi sehingga lapangan pekerjaan mudah.

2. Masuk Teknik Sipil Itu asik 
Mengapa asik? karena kita dihadapi dengan matematika dan fisika, dalam prodi ini kita mempelajari matematika dan fisika seperti di Sekolah Menengah Atas (SMA) tetapi di sini lebih ditingkatkan lagi.

Terus apa bedanya Teknik Sipil dan Arsitektur ?
Meskipun keduanya sama bangun gedung, bendungan dan bangunan lain tetapi kedua jurusan ini terdapat perbedaanya. Kalau teknik sipil mempelajari cara membuat struktur bangunan agar kokoh dan ekonomis, dan arsitektur mempelajari bagaimana bangunan yang dibangun itu menarik. 

Dan Ada beberapa cabang-cabang yang ada di teknik sipil yaitu :
1. Manajemen Kontruksi 
Mempelajari bagaimana mengatur biaya agar biaya yang dikeluarkan tidak melebihi maupun kekurangan dan hasilnya dapat maksimal pula.
2. Geoteknik 
Mempelajari kondisi tanah yang dapat memungkinkan untuk dijadikan bangunan sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat pembangunan berlangsung.
3. Transportasi
Dalam cabang ini prodi teknik sipil dibekali dengan ilmu transportasi, bertujuan agar teknik sipil memiliki ilmu yang dapat diterapkan pembuatan jalan raya, bandara, pelabuhan dan sarana transportasi lainnya.
4. Hidrologi
Mempelajari mengenai air, dalam pembuatan waduk, bendungan, irigasi.
5. Struktur Bangunan
Mempelajari tentang bahan bangunan, yang bertujuan agar mengetahui sifat yang baik dan cocok untuk bangunnan yang akan di bangun.

Bagaimana mulai tertari dengan jurusan teknik sipil ?


0 comments:

Post a Comment